Wajib Sakit Cacar Air

Cacar air, salah satu sakit yang termasuk wajib dialami oleh setiap individu manusia. Sakit ini disebabkan oleh varicella zoster virus, yang penularannya melalui media udara. Bersin ataupun batuk dari orang yang terinfeksi cacar air dapat mencemari udara sekitar dengan virus ini. Untuk itu orang yang terinfeksi cacar air akan dilarang oleh dokter bersosialisasi dengan lingkungan untuk sementara waktu.

Sakit ini dapat dikatakan wajib untuk setiap individu manusia karena orang yang belum pernah mengidap sakit ini akan sangat rentan terinfeksi varicella zoster virus, sedangkan orang yang sudah pernah terkena akan memiliki kekebalan tubuh alami terhadap virus tersebut. Memang tidak setiap orang yang belum pernah terkena cacar air akan secara otomatis akan sakit apabila ada virus yang menyerangnya. Tergantung juga kondisi ketahanan tubuhnya pada saat itu, jika ia dalam kondisi yang fit maka virus tersebut bisa saja hanya numpang lewat. Namun jika ia dalam kondisi tubuh yang tidak fit, seperti kelelahan, maka virus tersebut akan dengan sangat mudah menyerang.

Sakit cacar air diawali dengan demam, dan badan akan secara tiba-tiba terasa sangat lemas. Fase ini biasanya diikuti dengan timbulnya sedikit bintik di badan bagian tengah. Namun terkadang Anda masih belum tersadar bahwa Anda sakit cacar air. Bintik-bintik akan semakin banyak seiring dengan demam yang terus-menerus Anda rasakan, Anda akan merasa pusing yang amat sangat, diiringi dengan rasa mual di perut sehingga akan sangat mengurangi nafsu makan Anda. Fase ini kurang lebih akan Anda alami selama 5 hari.

Setelah melewati fase ini, Anda akan mendapati tubuh Anda penuh dengan bentol-bentol yang berisi air, dan Anda akan dilarang oleh dokter untuk bekerja atau bersosialisasi selama di tubuh Anda bentol-bentol ini masih belum kering dan pecah. Saran saya Anda akan lebih tepat sasaran untuk memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit, karena mereka memiliki penjelasan yang pas dan obat yang tepat untuk sakit Anda. Memang harganya sedikit lebih mahal daripada dokter umum, tetapi saya yakin proses penyembuhan yang Anda butuhkan akan lebih cepat.

Obat luar untuk badan yang paling cepat adalah bedak yang mengandung sulfur. Bedak ini cukup murah harganya di apotek-apotek, dan oleskan ke seluruh badan yang ada bentol-bentolnya. Untuk wajah ada krim khusus yang juga mengandung sulfur, yang dioleskan ke seluruh wajah. Gunakan krim ini sampai wajah tidak lagi terdapat bentol-bentol, dan masuk kedalam satu fase dimana wajah penuh dengan bekas bentol-bentol cacar air yang berwarna kehitaman. Di fase ini Anda akan membutuhkan krim jenis lain semacam sunblock untuk menghilangkan bekas cacar airnya.

Untuk obat dalamnya, Anda akan membutuhkan obat antivirus, parasetamol untuk mengatasi demam, antibiotik, dan mungkin obat-obatan herbal untuk mempercepat pemulihan kondisi Anda. Di saat puncak demam Anda akan merasa mual di perut dan merasa sangat tidak ingin makan, saran saya Anda bisa makan buah seperti pisang, apel, atau yang lainnya yang sesuai dengan selera Anda, yang penting tetap harus makan. Atau untuk mengatasi kondisi bdan yang lemas, Anda bisa banyak minum teh manis. Yang perlu Anda ingat adalah, sakit ini tidak ada pantangan makanan sedikitpun. Jadi apabila Anda sudah merasa enak untuk makan, maka makan aja semua makanan favorit Anda agar lebih cepat pulih kondisi Anda.

Dan satu lagi, tidak ada larangan mandi untuk sakit cacar air. Memang mungkin Anda akan tidak merasa nyaman untuk mandi, tetapi Anda bisa menggunakan air hangat dan dicampur dengan obat antiseptik ke dalamnya untuk membunuh kuman-kuman yang ada. Dan saran saya, gunakan sabun bayi untuk mandi sementara. Karena kulit Anda masih sensitif. Dikhawatirkan apabila Anda menggunakan sabun antiseptik (seperti betadine misalnya), kulit Anda akan mengalami iritasi dan bentol-bentolnya akan berwarna merah.

Semoga pengalaman saya bisa membantu banyak orang.

Berikut adalah ebook gratis untuk sakit cacar air:

1. http://www.sosindonesia.com/library/ChickenpoxJuly2011.pdf

2. http://www.nfid.org/pdf/factsheets/varicellaadult.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *