Teknologi Yang Akan Lahir di Tahun 2012

Dalam hitungan tidak sampai satu bulan, kita akan sampai di penghujung tahun 2011. Berbagai teknologi semakin mendunia di tahun ini. Komputer tablet yang semakin laris manis dengan berbagai macam pilihan merk, sampai teknologi social networking yang tercipta dengan berbagai pilihan konsep.

Majalah terkenal Popular Science baru-baru ini merilis artikel tentang beberapa teknologi yang akan terkuak di tahun 2012. Salah satunya adalah dua perusahaan besar yaitu Virgin Galactic dan SpaceX akan mulai merutinkan perjalanan wisata luar angkasa. Mereka akan segera merilis jadwal rutin wisata ekstrim ini.

Selain itu masih banyak cerita yang akan terkuak di tahun 2012, dan berikut adalah resume nya:

Asteroid Eros
Pada tanggal 31 Januari nanti sebuah asteroid sepanjang 20 mil akan melintas di dekat bumi setelah 37 tahun. Asteroid bernama Eros ini akan melintas sejauh 16,5 juta mil dari bumi kita. Meskipun masih cukup jauh, ia akan tetap dapat dengan mudah kita amati dengan menggunakan bantuan sebuah teleskop kecil.

Manusia Baru
Di tahun 2012, arkeolog akan dapat melihat dengan jelas wujud dari rangka Little Foot, sebuah rangka manusia purba yang berumur 3 juta tahun. Rangka ini ditemukan di dalam sebuah gua di Sterkfontein, Afrika Selatan. Rangka ini diduga akan menjadi petunjuk mengenai teori evolusi manusia.

Terungkapnya Rahasia Laut
Sebuah kendaraan bawah laut atau yang dikenal dengan nama gliders, akan memberikan data lengkap seperti massa jenis air laut dan jumlah plankton yang berada di laut Oregon serta lautan Inggris. Teknologi ini dikembangkan oleh Ocean Observatories Initiative, sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi sensor dan alat-alat monitoring di dunia kelautan.

Komputer Super yang Super
Bulan Mei tahun depan, IBM akan menyelesaikan proyeknya membuat komputer dengan kemampuan super. Komputer ini mampu melakukan 20.000.000.000.000.000 (20 quadrillion) dalam satu detik. Komputer dengan nama Sequoia akan digunakan pada sebuah proyek simulasi ledakan nuklir dan analisa sistem cuaca yang dikembangkan oleh Lawrence Livermore National Laboratory.

Pemasaran Mobil Listrik
Tesla, sebuah produsen mobil roadster berkelas high-end akan mulai menjual mobil bertenaga listriknya dengan harga $US 77.400. Mobil ini diklaim mampu menempuh 300 mil hanya dengan sekali pengisian baterai.

Hari Kecerdasan Buatan
Alan Turing yang menjadi bapak intelegensi buatan, lahir pada 23 Juni 1912. Para ahli komputer akan merayakan hari kelahirannya dengan mengadakan konverensi, museum eksibisi, dan kompetisi program komputer berjuluk Turing Tests. Kompetisi tersebut bertujuan untuk mencari program komputer canggih yang dapat meyakinkan kepada manusia bahwa ia adalah "manusia" juga.

Pembangkit Listrik Tenaga Angin Terbesar di Lepas Pantai
12 mil dari lepas pantai Inggris saat ini sedang dibangun pembangkit listrik tenaga angin yang menurut catatan akan menjadi terbesar di dunia. Dengan kapasitas mencapai 630 MWatt melalui 175 turbin anginnya, ia dapat mencukupi kebutuhan listrik untuk 430.000 rumah tangga.

Menjelajahi Planet Mars
Pada tanggal 6 Agustus 2012, sebuah mobil jelajah akan mendarat di planet merah. Mobil bernama Curiosity ini akan membawa peralatan lengkap untuk mengebor batuan, menganalisa susunan kimianya, serta mencari hal-hal yang dapat mendukung adanya kehidupan di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *