Steam Trap

Steam trap, kalo dibahasaindonesiakan artinya jadi perangkap uap air. Sesuai dengan namanya memang, alat ini berfungsi sebagai tempat terakumulasinya uap air yang terkondensasi dan selanjutnya secara otomatis mekanis dibuang menuju tangki air umumnya.

Penggunaan steam trap biasanya pada drain line dari suatu sistem, yang mana sistem tersebut hanya sewaktu-waktu membuang uap yang ada di dalamnya. Gambar berikut adalah bagian-bagian umum pada steam trap.

20110621-082643.jpg

Memang alat ini kelihatannya sepele, namun memiliki fungsi yang penting. Yaitu menjaga agar sistem tersebut tetap berisikan uap air. Setiap air yang terakumulasi akan secara periodik dibuang oleh steam trap. Gambar berikut adalah contoh lebih dekat dari steam trap.

Steam Trap

Sistem kerjanya simpel saja. Steam trap ini menggunakan sistem pelampung, apabila uap air terkondensasi di dalamnya, secara otomatis air dalam jumlah tertentu akan membuat pelampung tersebut terangkat dan mengalirkan air yang ada melewati steam trap tersebut. Sebenarnya steam trap tidak hanya menggunakan pelampung. Namun jenis ini memang yang paling banyak digunakan. Jenis lain dari steam trap antara lain temperature steam trap, thermodynamic steam trap, venturi (orifice) steam trap, dan smart steam trap.

Pada steam power plant, steam trap banyak dipasang pada sistem2 drain untuk main steam sistem.

Related books:
1. Construction and Operation of Steam Traps
2. Modern steam traps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *