Sistem-Sistem Pendukung Pendingin Hidrogen pada Generator

Komponen penting lain di dalam sistem supply hidrogen adalah purity meter, yang pada saat proses pengisian gas CO2 maupun hidrogen ke dalam generator berfungsi untuk membaca persentase kandungan mereka di dalamnya, maka pada kondisi generator normal berproduksi listrik ia akan bertugas untuk memonitor tingkat kemurnian hidrogen. Kemurnian hidrogen juga menjadi satu parameter yang penting untuk dijaga. Diketahui bahwa jika kemurnian hidrogen turun 1% saja, generator akan kehilangan kemampuan memproduksi listrik sebanyak 250.000 Watt, tentu sebuah angka yang tidak sedikit! Untuk meningkatkan kemurnian hidrogen, perlu dilakukan proses purging dengan jalan menginjeksi hidrogen dalam jumlah lebih, diikuti dengan proses venting (pembuangan). Proses ini kadang perlu dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan purity yang lebih baik.

Sistem Seal Oil

Satu lokasi pada generator yang memungkinkan hidrogen untuk bocor keluar yakni pada sisi kontak antara stator dengan shaft generator yang biasa dihuni oleh komponen bearing. Lokasi yang terletak di masing-masing ujung poros generator ini menciptakan potensi kebocoran hidrogen dengan jalan menyelinap di celah sempit bearing ataupun bidang kontak lainnya. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan sebuah sistem sehingga dapat mencegah hidrogen agar tidak bocor ke atmosfer. Sistem inilah yang dinamakan seal oil system.

 photo C46B6C27-17FE-450E-88C3-94E9714EB507.jpg

Sistem seal oil menjaga hidrogen agar tidak bocor dengan jalan menginjeksikan oli khusus dengan tekanan yang lebih besar daripada tekanan hidrogen ke bagian ujung poros sisi turbine-end dan exciter-end. Oli secara terus-menerus dipompa ke celah tertentu sehingga hidrogen tidak memiliki celah sedikitpun untuk bocor keluar. Bahkan ada sebuah proteksi khusus yang akan secara otomatis langsung mematikan sistem turbin-generator apabila terjadi kegagalan pada sistem seal oil ini. Sebegitu pentingnya sistem ini sehingga sistem seal oil selalu didesain memiliki dua pompa oli utama serta terkadang ditambah dengan satu pompa DC sebagai penunjang untuk kondisi darurat.

Sistem Dryer Hidrogen

Salah satu materi pengotor hidrogen sehingga dapat menurunkan tingkat kemurniaanya adalah air atau kelembaban. Jika saja kandungan air yang bercampur dengan hidrogen tersebut dibiarkan berada di dalam generator, tentu akan menimbulkan berbagai potensi bahaya dan kerusakan. Kandungan air yang bercampur dengan hidrogen akan menurunkan tingkat kemurnian hidrogen sehingga akan secara langsung menurunkan performa generator. Satu bahaya lain yang paling nampak adalah potensi terjadinya sort circuit di dalam generator. Bahaya lain yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita adalah, kontaminasi air di dalam gas hidrogen akan berkontribusi terhadap pembentukan deposit timbal karbonat. Timbal karbonat terbentuk akibat air dan karbon dioksida yang bereaksi dengan timbal dan asam di dalam generator. Timbal karbonat bersifat konduktif, merupakan material poros yang mudah menyerap kelembaban, serta berpotensi menciptakan loncatan api yang memicu kerusakan kumparan generator.

 photo 7AF3D42C-8075-4163-8A0C-FFBE43C5948C.jpeg

Sebuah sistem pengering atau dryer digunakan untuk menjaga agar hidrogen selalu bersih dari kontaminasi air. Sistem pengering tersebut umumnya menggunakan dua tabung berisi zat dessicant, yang bekerja secara bergantian. Pada satu waktu, salah satu tabung akan bertugas untuk menyerap kelembaban hidrogen yang sedang mengalir melewati tabung tersebut, sedangkan tabung yang lain sedang mengalami proses regenerasi dengan jalan mengalirkan udara panas ke dalamnya. Komponen pelengkap dryer hidrogen seperti blower, heater, dan solenoid valve berfungsi sebagai pendukung proses regenerasi dessicant. Proses regenerasi dessicant terjadi secara otomatis dan memastikan proses penyerapan kelembaban yang mengkontaminasi hidrogen dapat berjalan terus-menerus.

Credit: Wikipedia: Hydrogen Cooled Turbo-Generator, Power Engineering.

2 Replies to “Sistem-Sistem Pendukung Pendingin Hidrogen pada Generator”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *