Pengertian Superheated Steam

Apa sebenarnya pengertian superheated steam? Jawabnya sangat sederhana: Superheated steam atau uap panas lanjut adalah air yang benar-benar berfase gas. Jika uap saturated adalah uap air yang masih bercampur dengan air liquid, atau uap supercritical yang tidak bisa dibedakan dengan air supercritical, maka uap superheated adalah gas H2O kering yang sudah tidak mengandung kelembaban air sama sekali.

Pengertian Superheated Steam

Untuk memahami bagaimana air dapat berubah fase menjadi uap superheat, kita hanya perlu memahami diagram fase air di atas. Nampak pada diagram fase air tersebut, uap superheat menjadi salah satu fase air selain padat, cair, saturated, dan supercritical. Juga sesuai dengan diagram tersebut, uap superheat dapat berasal dari air liquid, air padat (es), dan juga supercritical tergantung dari kondisi lingkungan.

Perubahan Fase Air Liquid menjadi Superheated Steam

Air liquid dapat berubah fase menjadi superheated steam setelah melewati garis kurva saturasi. Untuk dapat melewati garis kurva saturasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama dengan tekanan tetap, temperatur lingkungan ditingkatkan. Kedua pada temperatur tetap, tekanan lingkungan diturunkan. Terakhir, tekanan ruang diturunkan bersamaan dengan kenaikan temperatur ruang. Namun semua proses tersebut harus memenuhi satu syarat, garis perubahan kondisi lingkungan harus memotong kurva saturasi.

Perubahan Fase Air Padat (Es) menjadi Superheated Steam

Es, dapat langsung berubah fase menjadi uap kering tanpa harus melewati fase cair, dan begitu pula sebaliknya uap superheat dapat langsung berubah fase menjadi es tanpa harus melewati fase cair. Syaratnya adalah perubahan fase tersebut harus berada pada tekanan yang lebih rendah dari titik triple point, yaitu 0,61 kPa, atau 0,006 atm, tekanan yang hampir saja vakum. Prinsip inilah yang menjelaskan bagaimana hujan es bisa terjadi. Saat awan berada di atas atmosfer Bumi yang memiliki tekanan hampir vakum, mengalami pendinginan cepat sehingga uap air berubah fase seketika menjadi es.

Perubahan Fase Supercritical Steam menjadi Superheater Steam

Supercritical steam juga bisa berubah fase menjadi superheated steam dengan jalan menurunkan tekanannya. Uap supercritical memiliki tekanan dan temperatur kerja di atas titik kritis, yaitu lebih dari 22,1 MPa dan 374°C. Maka, seandainya sejumlah uap air kritis berada pada tekanan 25 MPa dan suhu 500°C mengalami penurunan tekanan menjadi 18 MPa, maka uap tersebut akan berubah menjadi uap superheat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *