Pengertian Boiler Pipa-Api

Masih ingatkah Anda apa pengertian boiler? Boiler adalah sebuah wadah atau bejana yang berfungsi untuk memanaskan air. Pada prinsipnya, sebuah panci pun juga boiler, hanya saja bukan boiler semacam ini yang akan kita bahas. Dahulu kala, para rekayasa mekanik menciptakan boiler hanya dengan jalan memperbesar ukuran 'panci'. Lalu secara bertahap mereka mendesain boiler dengan lebih kompleks lagi. Salah satunya adalah dengan menggunakan prinsip bahwa semakin luas permukaan kontak antara sumber panas dengan air yang dipanaskan, maka akan semakin banyak uap yang bisa dihasilkan oleh boiler dengan ukuran yang sama. Lalu muncullah ide untuk membuat saluran-saluran pipa di dalam 'panci' raksasa tersebut, sehingga pipa-pipa tersebut 'mengalirkan' api -- atau setidaknya gas panas hasil pembakaran -- melewati sejumlah air yang ditampung oleh 'panci' raksasa. Inilah cikal bakal dari boiler pipa-api. Maka pengertian boiler pipa-api adalah salah satu tipe boiler yang mengalirkan panas hasil proses pembakaran ke dalam satu atau lebih pipa-pipa, yang berada di dalam wadah tertutup berisi air.

Pengertian Boiler Pipa-api
Boiler Haystack: 'Panci Raksasa' cikal bakal boiler pipa-api
Pengertian Boiler Pipa-Api
Boiler Pipa-Api Vertical: Pengembangan dari Boiler Haystack

Boiler pipa-api menjadi tipe boiler yang paling sederhana. Boiler ini memungkinkan untuk diaplikasikan pada kebutuhan uap air rendah hingga menengah. Hal tersebut dimungkinkan karena desainnya yang tidak lebih rumit dari boiler pipa-air. Ukuran boiler pipa-api juga relatif lebih kecil, dan memungkinkan untuk dipindah tempatkan dengan sangat mudah. Kelebihan tersebut yang kemudian membuat boiler ini sangat populer ketika dikembangkan bersamaan dengan mesin uap. Di abad ke-19 hingga awal abad ke-20, boiler pipa-api dikembangkan secara besar-besaran untuk memenuhi kebutuhan transportasi di masa itu. Kereta uap, kapal laut, hingga model awal mobil, menjadi moda transportasi berdapur pacu boiler pipa-api yang paling canggih di masa itu.

Pengertian Boiler Pipa-Api

Sesuai dengan namanya, boiler pipa-api mengalirkan gas panas hasil pembakaran ke saluran pipa-pipa yang diselubungi oleh air. Berbagai desain saluran pipa berbeda dibuat untuk memaksimalkan penyerapan panas dari gas buang hasil pembakaran tersebut. Level air di dalam tanki boiler, wajib terjaga ketinggiannya untuk menghindari overheat. Di sisi lain, boiler ini juga dilengkapi dengan safety relief valve yang berfungsi untuk melepas tekanan berlebih sehingga terhindar dari ledakan.

Banyak tipe boiler pipa-api juga sudah dilengkapi dengan sistem pemanas uap lanjut untuk menghasilkan uap superheated. Namun demikian, boiler pipa-api memiliki keterbatasan produksi uap air yang hanya maksimal 2500 kg/jam dengan tekanan maksimal 10 bar saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *