Generator AC atau biasa dikenal dengan alternator berfungsi untuk merubah energi mekanis menjadi energi listrik AC. Bagamana prinsip kerja generator listrik AC telah kita bahas di artikel sebelumnya. Alternator memiliki berbagai tipe yang dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal. Berikut adalah pengklasifikasian tersebut:

Macam-Macam Alternator Berdasarkan Sumber Eksitasi

Salah satu komponen utama dari generator adalah magnet yang berfungsi untuk membangkitkan medan magnet pada proses elektromagnetik. Magnet yang digunakan tersebut dapat berupa magnet permanen ataupun medan kumparan. Seperti yang kita ketahui bahwa jika sebuah kumparan kawat dialiri arus listrik searah, maka akan timbul medan magnet di sekitarnya. Proses pembangkitan medan magnet dengan menggunakan arus listrik searah inilah yang biasa dikenal dengan proses eksitasi.

IMG_1961.JPG

Skema Medan Magnet yang Terbangkitkan di Sekitar Kumparan Listrik
(Sumber)

Berdasarkan hal di atas maka generator AC dapat dibagi menjadi dua tipe berdasarkan sumber medan magnet, yakni generator yang menggunakan magnet permanen dan generator yang menggunakan magnet buatan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan berikut adalah penjabarannya:

  1. Generator Dengan Magnet Permanen.
    Kelebihan :

    • Desain yang sederhana.
    • Umur generator lebih awet (reliable).
    • Tidak membutuhkan sumber arus listrik DC dari luar untuk membangkitkan medan magnet.

    IMG_1962.JPG

    Skema Alternator Dengan Magnet Permanen
    (Sumber)

    Kekurangan :

    • Tidak efisien jika menggunakan magnet permanen dengan produksi fluks magnet rendah.
    • Pembangkitan daya listrik terbatas sejauh kemampuan magnet dalam membentuk medan magnet, sehingga tidak cocok digunakan untuk skala besar.
  2. Alternator Dengan Magnet Buatan.
    Kelebihan :

    • Dapat membangkitkan medan magnet dengan fluks besar sehingga lebih efisien jika digunakan untuk menghasilkan power yang besar.
    • Besaran fluks medan magnet dapat diatur sesuai kebutuhan.

    IMG_1963.JPG

    Alternator Dengan Magnet Buatan
    (Sumber)

    Kekurangan :

    • Desain lebih rumit dibandingkan dengan alternator yang menggunakan magnet permanen.
    • Sangat tergantung dengan supply arus DC dari luar untuk membangkitkan medan magnet, jika sumber arus gagal memasok arus DC maka alternator tidak dapat berfungsi sama sekali.

6 Comments

Aswadie Firas · July 15, 2017 at 4:58 am

Bagaimana untuk kita ceritakan dari sebelum terhasilnya putaran shaft pada alternator dari rubber coupling prime mover?.... Dan apabila armature dipusingkan sehinggalah berlaku medan magnet,seterusnya langkah demi langkah perjalanan arus tersebut yang dapat mengeluarkan kuasa 440/415V 3phase 60/50Hz?.... Minta pencerahan(InsanLemahDalamElektrik)

Abdul azis · January 30, 2017 at 2:38 am

Saya gulung genderator AC 12000 watt tapi ga keluar tegangan ac , apa penyeba nya ,kalau pemasangan gulungan bantu tida sesuai dengan gulungan input nya pengaruh apa ga yah

    Josse · March 28, 2017 at 3:31 pm

    Mungkin besar salah sambungan antara kumparan dengan kumparan.
    Kalau 1phase. Setiap kumparan ada awal (A) dan akhir (Z). Sambungan kumparan harus kumparan 1Z ke terminal ,1A ke kumparan 2Z, 2A ke kumparan 3Z, 3A seterusnya atau dibalik ZkeA juga tdk apa2 yang penting sama semua. Test pakai AVO ke 1x jarum naik/tdk disambungan rangkaian kumparan, Test terminal out + dgn -.
    Kalau sambungan sdh benar Test dijalankan dan coba ukur volt sebelum AVR, ada volt tdk? klu ada berarti AVR yg rusak.
    Maaf kurang pengalaman. Mohon dikoreksi

Rahid Azza · January 13, 2017 at 1:22 am

Trimakasih banget infonya gan bermutu dan sangat membantu... ????

zulhairi · January 26, 2016 at 7:02 pm

saya punya generator ac bekas dari mesin cuci.saya ingin mnjadikan energi mikrohydro,stlah saya coba putarannya berlawanan arah ternyata tidak ada arus listriknya.mohon bantuannya karna saya tinggal dipedalaman gak ada listrik jg gak ada sinyal.makasih utk yg share disini

    Onny · January 27, 2016 at 10:53 am

    Maksudnya motor AC dari mesin cuci ya? Takut saya motor itu tipe motor induksi (tidak menggunakan magnet permanen). Jadi tidak bisa digunakan langsung sebagai generator, karena untuk membangkitkan arus butuh paling tidak sepasang kutub magnet di sisi rotor. Saya sarankan pakai motor yang rotornya pakai magnet permanen. Atau kalau tidak ada ya terpaksa butuh modifikasi untuk memasang magnet di rotornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Thank you for visiting!

Subscribe to our Youtube channel to serve you more information & experience