Filosofi Grand Turismo



Permainan balap Grand Turismo, saya yakin banyak yang mengetahui game ini, bahkan menggandrunginya. Salah satu video game bergenre balap mobil ini memiliki motto "the real driving simulator". Siapapun yang memainkan game ini, dia tidak hanya dituntut untuk bisa mengendalikan mobil balapnya dengan sempurna, tetapi juga harus bisa memodifikasi mobilnya dengan settingan yang pas sehingga menghasilkan performa mobil yang paling optimal.

Memainkan video game ini sangat membuat penasaran siapapun yang memainkannya. Saat kalah di suatu balapan, ia akan rela mengulang lagi dari awal, mencari settingan mobil yang paling tepat, berlatih menghafalkan track/sirkuit balapnya, serta melatih cara mengandalikan mobilnya di setiap belokan. Apapun ia lakukan, hanya karena 1 alasan: penasaran.

Di saat ia berhasil menemukan settingan mobil yang tepat, cara mengemudi yang pas, mengontrol nafsu saat ingin melewati mobil lawan, maka tidak terasa ia akan juara. Menjadi yang nomer 1. Tapi ternyata permainan belum usai. Di saat ia berhasil memenangkan kejuaraan sebelumnya, maka di depan ada kejuaraan yang lain menanti. Maka, perjuangan pun dilanjutkan lagi.

Bukankah kisah di atas mirip dengan jalan hidup manusia. Berjuang, gagal, belajar dari kegagalan, berjuang lagi, memperbaiki apa-apa yang salah di dalam diri kita, terus bersabar, sampai tercapai apa yang kita inginkan. Sangat mirip. Namun, mungkin ada sebagian dari kita yang menganggapnya berbeda. Ya, Grand Turismo-kan sebuah permainan, yang sangat menarik dan membuat kita penasaran. Sedangkan ini kehidupan, yang penuh dengan cobaan dan rintangan yang lebih nyata.

Ada 2 kata kunci yang bisa saya petik agar bisa menang di permainan Grand Turismo, yaitu penasaran dan kemenangan. Orang yang memainkan game ini, terutama yang memang hobinya, pasti diliputi rasa penasaran. Dan ia tahu, bahwa ia pasti menang, entah itu dengan jalan mengganti mobilnya, merubah settingan mesinnya, atau melatih cara mengemudinya. Asalkan tidak dengan jalan curang, alias menggunakan cheat.

Optimis! Saat saya memainkan game ini, saya optimis saya pasti menang. Dan pada akhirnya menang. Di sisi lain memang karena ada rasa penasaran dalam diri saya, istilah lainnya adalah passion. Saya menyukai game balap mobil, passion saya di situ. Mungkin Anda memiliki passion yang lain, atau video game lain yang berbeda. Tapi saya yakin intinya juga sama, Anda penasaran dan mengejar kemenangan.

Lalu mengapa 2 hal tersebut tidak Anda gunakan saja di kehidupan Anda. Bekerjalah sesuai dengan passion Anda, sesuai dengan apa yang Anda hobikan, maka setiap saat Anda akan dibuat penasaran oleh pekerjaan Anda. Dan Anda bersedia melakukan apa saja (kecuali curang) untuk bisa menjadi yang terbaik di dunia Anda. Selalu berpikir dan berperasaan positif, Anda tahu Anda adalah pemenang. Maka yang terjadi adalah: Anda-lah pemenangnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *