Bagaimana Cara Menciptakan Ide Baru?

    "Sepertinya, saya tidak sepintar orang lain untuk menciptakan ide."
    "Saya tidak sekreatif orang lain."

Pernyataan di atas sudah saya anut sejak masa SMA. Saat itu dan sampai beberapa waktu yang lalu, saya masih menganut pernyataan tersebut. Padahal saya masih ingat dengan jelas, saking kreatifnya, saya membuat sendiri sirkuit Tamiya saat usia masih sekolah SMP.

Memory itulah yang meruntuhkan asumsi saya kalau saya tidak sekreatif orang lain. Asumsi salah tentang diri saya sendiri yang terlalu berlebihan telah membelenggu pikiran dan potensi saya untuk kreatif. Beruntung bagi Anda yang saat ini bisa mengendalikan pikiran untuk selalu berasumsi baik.

Faktor asumsi di atas menjadi satu hal penting untuk memunculkan jiwa kreatif dalam diri kita. Bagaimana kita dapat mengendalikan pikiran dan perasaan untuk menanamkan statement "saya kreatif", lebih penting daripada usaha kita untuk melatih kreatifitas itu muncul. Maka, sebelum Anda lebih lanjut membaca tulisan saya selanjutnya, yakinkan pada diri Anda sendiri bahwa Anda adalah orang yang kreatif, spesial, tidak ada duanya, dan mampu berpikir menembus batas.

Cara kuno yang mungkin sudah pernah Anda dengar untuk menghasilkan sebuah ide, adalah dengan jalan menggabungkan atau mengadaptasi ide-ide yang sudah ada sebelumnya. Namun di sini saya akan berbagi kepada Anda cara-cara membangkitkan ide dari sudut pandang yang berbeda. Cara-cara yang saat ini juga bisa langsung Anda praktekkan. Pendekatan-pendekatan yang akan mendorong otak Anda untuk menghasilkan pemikiran baru, berbeda, dan melihat dari sudut pandang berbeda.

Teknik berikut memang sangat efektif, namun perlu Anda pahami bahwa teknik tersebut hanya akan berhasil jika didukung dengan pengetahuan yang luas mengenai bidang yang sedang Anda jalani. Akan sangat sia-sia jika Anda mempelajari teknik memunculkan kreatifitas pada saat Anda miskin pengetahuan di bidang Anda.

Melanggar Pola Pikir

Metode pertama ini saya lebih memilih kata "melanggar" daripada kata "merubah" atau "menembus". Karena memang cara ini sangat radikal dan benar-benar dapat membuat kita keluar dari pemikiran yang stuck (macet). Dengan melanggar pola pikir yang sudah biasa dipakai kebanyakan orang, melepaskan pikiran kita dari kemacetan dan sekaligus memunculkan ide baru. Dan berikut adalah metode-metode yang bisa kita gunakan:

  • Melawan Asumsi: dalam berbagai situasi yang berbeda, pikiran kita sudah diset dengan asumsi tertentu. Dengan melawan asumsi tersebut kita akan mendapatkan kemungkinan-kemungkinan baru yang sangat berbeda. Seperti saat Anda ingin membeli rumah, Anda berasumsi tidak mampu membayar DP-nya. Saat Anda melawan asumsi tersebut, saat itulah Anda mendapati banyak pilihan solusi seperti bekerja lembur sembari menabung hasilnya, mencari side job lain, atau bahkan menjual aset Anda yang lain untuk mendapatkan tambahan uang.
  • Reword the problem: menyatakan masalah Anda dengan cara yang berbeda, akan membawa Anda ke sudut pandang yang berbeda dalam menghasilkan ide. Kita menyatakan masalah yang sedang kita hadapi dengan melihat dari sudut pandang lain. "Mengapa kita perlu memecahkan masalah ini?", "Ada halangan apa di sini?", "Apa yang akan terjadi jika kita tidak memecahkan masalah ini?" Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membawa Anda ke berbagai sudut pandang baru. Sehingga Anda akan dengan mudah melahirkan ide segar.
  • Membalik Pemikiran: Jika suatu saat Anda merasa tidak bisa menghasilkan sesuatu yang baru, coba Anda membalik pemikiran Anda. Saat Anda fokus berpikir bagaimana cara membuat sebuah produk meningkat kualitasnya, naik penjualannya, atau berkembang luas pemasarannya, coba Anda berpikir bagaimana cara membuat produk tersebut memburuk kualitasnya, menurun penjualannya dan semakin sedikit yang membelinya. Ide yang terbalik akan dengan mudah muncul. Dari ide tersebut Anda sudah dapat menghasilkan ide dari permasalahan Anda yang sebenarnya dengan jalan membalik lagi ide yang lahir tadi.
  • Ekspresikan diri Anda melalui media lain: Manusia terlahir sempurna dengan multiple intelegences. Akan tetapi terkadang saat kita menghadapi sebuah tantangan, kita hanya menggunakan keahlian kita dalam mencari-cari alasan. Cobalah untuk berekspresi melalui cara lain, seperti menulis, bermain game, mendengarkan musik, melukis, atau apa saja. Jangan terlalu berfokus pada masalah yang Anda hadapi. Cobalah untuk mengekspresikan masalah Anda. Anda akan melihat masalah yang Anda hadapi dari sudut lain. Saat melihatnya melalui media dan cara berbeda dengan yang biasa Anda gunakan, ide baru akan lebih mudah muncul dengan sendirinya.

Bersambung di sini.

One Reply to “Bagaimana Cara Menciptakan Ide Baru?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *