Bagaimana Cara Menciptakan Ide Baru? (2)

Pada artikel sebelumnya yang membahas mengenai penciptaan ide baru, sudah saya share metode latihan yang dapat membuat otak kita lebih luas melihat suatu hal dan lebih mudah melahirkan ide cemerlang. Selain metode Melanggar Pola Pikir ada beberapa metode lain yang ingin saya bagi pada kesempatan kali ini.

Connect the Unconnected

Beberapa ide terbaik, kadang terlahir hanya karena terjadinya sebuah perubahan. Sesuatu hal yang tidak sengaja muncul di depan Anda, kadang membuat Anda berpikir bahwa hal tersebut tidak berhubungan dengan masalah yang sedang Anda hadapi. Newton dengan buah apel dan Archimedes yang sedang berendam di dalam bath tub, adalah contoh kasusnya.

Apa yang terjadi? Elemen acak yang muncul di depan Anda menstimulus otak Anda untuk berpikir. Anda dapat menggunakan sesuatu yang muncul tadi dengan secara sadar untuk menghubungkannya dengan problem yang sedang Anda hadapi, yang bisa jadi tidak berhubungan secara langsung. Karena itulah metode ini disebut Connect the Unconnected.

Maksud dari metode ini adalah dengan secara aktif mencari stimulus dari hal-hal yang tidak terduga dan berusaha menghubungankannya dengan masalah yang sedang Anda hadapi. Berikut beberapa teknik yang dapat digunakan:

  • Menggunakan input random: Pilih satu kata dari kamus Anda secara acak dan cobalah mencari hubungan antara kata tersebut dengan novel yang sedang Anda baca.
  • Menggunakan mind map: Tulislah sebuah kata kunci di tengah-tengah secarik kertas kosong. Tulislah kata apa saja yang muncul di pikiran Anda di halaman yang sama. Dan lihat hubungan-hubungan yang bisa Anda buat.
  • Mengambil sebuah gambar atau benda: Cobalah Anda bertanya pada diri Anda sendiri "Bagaimana caranya benda ini dapat membantu saya memecahkan masalah?"

Merubah Perspektif

Cara selanjutnya untuk melahirkan ide dari kepala Anda adalah dengan jalan merubah perspektif/cara pandang yang Anda gunakan. Berikut adalah metodenya:

  • Menangkap cara pandang orang lain: Cobalah sekali waktu Anda bertanya kepada orang lain, apa yang akan ia lakukan apabila ia menghadapi tantangan yang sama dengan yang sedang Anda hadapi. Anda dapat bertanya kepada teman Anda yang berbeda profesi, istri Anda, anak kecil, konsumen Anda, supplier Anda, orang dengan budaya yang berbeda dengan Anda, yang penting adalah orang yang sekiranya memiliki cara pandang yang berbeda dengan Anda.
  • Bermain "Jika Aku Menjadi": Metode ini mengajak Anda untuk berandai-andai menjadi orang lain. Entah itu seorang miliarder, artis favorit Anda, atau siapapun. Konsepnya adalah orang yang Anda jadikan perandaian, memiliki metode pemikiran yang khusus. Dan cara pemikiran yang khusus itulah yang Anda gunakan. Menjadi seorang miliarder misalnya, Anda bisa menggunakan gaya pemikiran seorang miliarder yang flamboyan, pemikir besar, dan pengambil resiko pada saat merumuskan sebuah ide.

Faktor-Faktor Pendukung

Beberapa faktor lain dapat mendukung Anda mendatangkan ide-ide kreatif. Hal-hal berikut memberikan atmosfer yang baik untuk Anda sehingga dapat menggali lebih dalam permasalahan yang sedang Anda hadapi. Hal-hal tersebut adalah:

  • Percaya pada diri sendiri: Seperti yang sudah saya sebutkan pada artikel pertama mengenai cara menghasilkan ide kreatif, percaya kepada diri sendiri bahwa "saya kreatif" memiliki dampak yang terbesar terhadap keseluruhan metode yang sudah saya share.
  • Waktu kreatif: tidur sesaat, jalan-jalan sebentar, mendengarkan musik, bermain bersama anak Anda, dapat membuat Anda lebih relaks. Beristirahat sejenak akan membuat Anda lebih tenang dalam berpikir.
  • Merubah lingkungan Anda: Dengan merubah setting-an ruangan kerja Anda, dapat menstimulus otak Anda untuk lebih kreatif. Bisa juga Anda pergi sebentar ke coffee shop atau tempat lain yang menyenangkan.
  • Menyepi: Sejenak untuk menyendiri juga bisa membuat otak Anda bekerja lebih fresh. Mematikan blackberry atau iphone Anda, menyendiri sejenak di pantai, atau apapun yang bisa membuat Anda lebih tenang.
  • Bersenang-senang dan humor: Dua hal tersebut juga dapat membuat otak Anda kreatif dalam melihat sesuatu hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *