Hingga tahun 2020, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di seluruh dunia tercatat menyumbang 10% kebutuhan listrik dunia. Angka tersebut setara dengan pasokan listrik sebesar 2.552 TeraWattHour selama tahun 2020 tersebut. Angka tersebut sebenarnya turun jika dibandingkan dengan tahun 2019 yang mencapai angka 2.657 TeraWattHour.

Pasokan listrik sebanyak itu ditopang oleh setidaknya 445 reaktor nuklir dari berbagai negara. Saat ini, ada 50 reaktor sedang dalam tahap pembangunan yang nantinya diperkirakan akan mampu memasok listrik hingga 15% kebutuhan total dunia. Dan berikut adalah delapan komplek PLTN terbesar di dunia berdasarkan kapasitas pembangkitan listrik totalnya:

1. Kashiwazaki-Kariwa Nuclear Power Plant

PLTN terbesar di dunia ada di Jepang. PLTN Kashiwazaki-Kariwa memiliki kapasitas total 7.965 MW. Angka tersebut ditopang tujuh reaktor boiler dengan lima diantaranya berkapasitas 1.100 MW. Sedangkan dua sisanya berkapasitas hingga 1.356 MW. Sayangnya PLTN ini harus mengalami pemadaman karena otoritas Jepang sedang membangun bendungan laut untuk menahan potensi bencana gempa dan tsunami agar tidak terjadi bencana seperti yang terjadi pada PLTN Fukushima 2011 silam.

2. Bruce Nuclear Generating Station

PLTN Bruce menjadi PLTN pertama bagi negara Kanada sekaligus menjadi yang terbesar kedua di dunia. PLTN ini berkapasitas total 6.234 MW yang ditopang oleh delapan reaktor boiler. Masing-masing reaktor memiliki kapasitas pembangkitan sebesar 786 MW hingga 891 MW. Pembangunan PLTN ini diperkirakan membutuhkan biaya total sebanyak CAD$ 2,4 Miliar atau setara dengan 28 Triliun Rupiah.

3. Kori Nuclear Power Plant

Korea Selatan memiliki PLTN terbesar ketiga di dunia dengan kapasitas sebesar 6.040 MW. Secara operasional, PLTN Kori menjadi yang terbesar memasok kebutuhan listrik dunia jika dibandingkan dengan dua PLTN sebelumnya. PLTN ini hanya mengoperasikan enam reaktor boiler dari total delapan yang mereka miliki sejak tahun 2016.

4. Hanul Nuclear Power Plant

PLTN Hanul sebelumnya dikenal sebagai PLTN Ulchin. Juga dimiliki oleh Korea Selatan sejak tahun 1988 beroperasi memasok listrik sebesar 5.928 MW. PLTN ini memiliki enam reaktor boiler yang di tahun 2016 telah memasok listrik sebanyak 39.795 GigaWattHour.

5. Hanbit Nuclear Power Plant

PLTN hanbit menjadi PLTN ketiga yang masuk ke jajaran PLTN terbesar di dunia. Pembangkit listrik ini memiliki kapasitas total sebesar 5.899 MW yang ditopang oleh enam reaktor nuklir. PLTN ini menggunakan tipe reaktor Pressurized Water Reactor yang digunakan oleh mayoritas PLTN dunia kecuali Inggris, Jepang, dan Kanada.

6. Zaporizhzhia Nuclear Power Plant

PLTN Zaporizhzhya terletak di Ukraina dan memiliki kapasitas netto 5.700 MW. PLTN ini dioperasikan oleh National Nuclear Energy Generating Company yang telah melakukan berbagai renovasi sehingga bisa memperpanjang 10 tahun umur PLTN hingga 2027.

7. Paluel Nuclear Power Plant

PLTN Paluel dimiliki oleh otoritas Perancis Électricité de France dan mampu membangkitkan energi listrik netto sebanyak 5.528 MW. Jumlah sebesar itu nyatanya hanya dihasilkan oleh empat reaktor besar yang masing-masing memiliki kapasitas maksimum 1.300 MW. PLTN ini setiap tahunnya mampu memasok energi listrik total sebanyak 32 GigaWattHour.

8. Gravelines Nuclear Power Plant

Dimiliki juga oleh Électricité de France, PLTN Gravelines memiliki kapasitas netto total sebesar 5.460 MW. PLTN ini mulai beroperasi sejak tahun 1980. Dengan enam reaktor nuklirnya, PLTN ini mencukupi 5,9% kebutuhan listrik Perancis.

(Referensi: Prospero, Wikipedia)

Artikel-Teknologi.com didukung oleh Pusat Pakaian Dalam
Categories: Energy Supply

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *